atap baja ringan

atap baja ringan
rangka atap baja ringan

Selasa, 19 Juni 2012

Atap Alumunium embos | atap gelombang baja ringan untuk pabrik

Manufacturer Roofing/

Cladding Aluminium

ATAP ALUMINIUM EMBOSS



PENDAHULUAN
Sesuai dengan perkembangan industri material bangunan maka PT Indoutama Metal Works memproduksi atap gelombang dengan menggunakan bahan Aluminium. Standar Aluminium mengacu pada SNI 07-0956.

Perbandingan Bahan Aluminium dan Zinc - Aluminum

Keunggulan Atap gelombang bahan Aluminium dibandingkan Zinc-Aluminium :

* Aluminium memancarkan sinar lebih dari 80% sehingga bangunan yang beratapkan Aluminium akan lebih dingin pada musim panas.
* Aluminium memiliki lapisan Oxida tipis yang akan segera terbentuk pada permukaan apabila terjadi reaksi oksidasi sehingga menjadikannya lebih tahan terhadap karat dari asam dan reaksi oksida lainnya. Zinc-Aluminium hanya memiliki lapisan Aluminium sekitar 1-10%, sehingga apabila lapisan ini rusak, ketahanan korosi Zinc-Aluminium menjadi sangat lemah.
* Berat Jenis dari Aluminium (2.71) sepertiga dari Berat Jenis Zinc-Aluminium (7.86) yang berarti atap Aluminium lebih ringan dibandingkan dengan atap Zinc-Aluminium.
* Aluminium ramah lingkungan, karena memiliki nilai ekologi yang tinggi disebabkan scrap Aluminium dapat dengan mudah dilelehkan kembali dan dijadikan bahan baku untuk proses manufaktur lainnya.
* Scrap Aluminium memiliki nilai ekonomis karena dapat dijual kembali dengan harga 60%-70% Aluminium murni (Ingot).

Perbandingan Bahan Aluminium dan Zinc-Aluminium

Keunggulan atap gelombang bahan Aluminium dibandingkan Zinc-Aluminium :
-Aluminium memancarkan sinar lebih dari 80% sehingga bangunan yang beratapkan Aluminium akan lebih dingin pada musim panas.
-Aluminium memiliki lapisan Oxida tipis yang akan segera terbentuk pada permukaan apabila terjadi reaksi oksidasi sehingga menjadikannya lebih tahan terhadap karat dari asam dan reaksi oksida lainnya. Zinc-Aluminium hanya memiliki lapisan Aluminium sekitar 1-10%, sehingga apabila lapisan ini rusak, ketahanan korosi Zinc-Aluminium menjadi sangat lemah.
-Berat Jenis dari Aluminium (2.71) sepertiga dari Berat Jenis Zinc-Aluminium (7.86) yang berarti atap Aluminium lebih ringan dibandingkan dengan atap Zinc-Aluminium.
-Aluminium ramah lingkungan, karena memiliki nilai ekologi yang tinggi disebabkan scrap Aluminium dapat dengan mudah dilelehkan kembali dan dijadikan bahan baku untuk proses manufaktur lainnya.
-Scrap Aluminium memiliki nilai ekonomis karena dapat dijual kembali dengan harga 60%-70% Aluminium murni (Ingot).


ATAP GELOMBANG IMW

TYPE IMW 1000 (SINGLE RIB)



TYPE IMW 890 (LT 7)



TYPE IMW 920 (SPANDECK)



CATATAN
Panjjang atap bisa dibuat sesuai dengan ukuran atap bangunan, Umumnya panjang kurang lebih 12 meter merupakan ukuran yang pratis untuk diproduksi. diangkut dan dipasang.


NOK STANDART


NOK PATENT



KEKUATAN

Kekuatan atap gelombang bahan Aluminium tergantung pada bentuk profil yang dipergunakan,tebal lembaran, jarak gording/penyangga, serta cara pemasangannya. Pada umumnya atap gelombang bahan Aluminium tetap kuat sampai waktu yang tidak terbatas, bebas karat, tidak mudah kena pengaruh cuaca atau tidak rapuh karena umur.

KETAHANAN

Atap gelombang bahan Aluminium mempunyai daya tahan yang sempurna terhadap pengaruh lingkungan. Ketahanan ini disebabkan oleh adanya lapisan tipis oksida yang selalu terdapat di atas permukaan lembaran Aluminium, dan lapisan ini terbentuk spontan di udara apabila terjadi kerusakan pada permukaan lembaran Aluminium. Atap gelombang bahan aluminium mempunyai ketahanan yang sangat kuat dan baik terhadap lingkungan tepi pantai dan daerah beruap belerang, dimana kedua daerah tersebut mudah terjadi karat pada permukaan lembaran atap.


PEMASANGAN
Faktor yang perlu Diperhatikan
Atap gelombang bahan Aluminium bisa dipasang pada rangka atap dengan sudut kemiringan yang kecil, dan hal ini merupakan salah satu keunggulan dari atap gelombang bahan Aluminium dibandingkan dengan atap yang terbuat dari bahan lain.
Dalam merencanakan konstruksi atap dengan sudut kemiringan yang kecil, hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
- Lenturan (berkaitan dengan besarnya pembebanan dan pengaturan jarak gording).
- Kemungkinan masuknya air dari celah-celah sambungan (berkaitan dengan cara pemasangan lembaran atap dan cara pengikatan sambungan).
- Pengaruh daya hisap angin yang besar pada atap yang hampir datar.


SUDUT KEMIRINGAN MINIMAL

LEBAR BENTANGAN SATU SISI ATAP 10 m 20 m 25 m 30 m
SUDUT KEMIRINGAN MINIMAL 3* 4* 5* 7*

JARAK KEMIRINGAN MINIMAL
TEBAL BERAT JARAK GORDING MAKSIMAL
0,70 mm
0.55 mm
0,50 mm
0,45 mm
0,40 mm
0,35 mm
0,30 mm
2,32 Kg/m'
1,83 Kg/m'
1,66 Kg/m'
1,49 Kg/m'
1,39 Kg/m'
1,16 Kg/m'
1.99 Kg/m'
2,10 meter
1,80 meter
1,60 meter
1,40 meter
1,20 meter
1.00 meter
0,80 meter
Jarak gording yang dianjurkan tersebut diatas adalah untuk kondisi pembebanan atap yang normal.
Pada tepi bawah dan atas atap, jarak gording sebaiknya diambil setengah dari jarak yang dianjurkan. Hal ini disebabkan seringnya terjadi pembebanan pada tepi-tepi atap tersebut pada waktu pekerjaan pemasangan talang, lisplank dan bubungan.
Meskipun jarak gording telah diperketat, para pekerja sebaiknya dianjurkan untuk berjalan atau berdiri diatas garis sumbu gording atau sedekat mungkin pada garis sumbu tersebut.


PERTIMBANGAN PERENCANAAN

Daya Hisap Angin

Berat atap gelombang bahan Aluminium sendiri ringan sekali bila dibandingkan dengan berat atap yang terbuat dari bahan lain, oleh karena itu untuk menahan daya hisap angin, terutama bila berada di alam terbuka atau di daerah yang berangin kencang, perlu diberikan perhatian khusus terhadap konstruksi ikatan gording pada kerangka bangunan.

Penangkal Petir

Alat penangkal petir yang terbuat dari tembaga atau kuningan tidak boleh dipasang di atas atap gelombang bahan aluminium. Ujung penangkal petir dan kawat penghantarnya harus terbuat dari Aluminium, untuk kawat penghantar bisa memakai bahan Aluminium strip.
Hubungan antara Aluminium strip dengan bagian arde yang masuk ke dalam tanah (biasanya terbuat dari tembaga) harus diatur sedemikian rupa sehingga Aluminium strip berada diatas dan sambungan tersebut terlindung dari air.



Pemeliharaan di Lapangan

Baik buruknya kondisi atap gelombang bahan Aluminium sangat ditentukan oleh cara pemeliharaan/penanganan lembaran
atap tersebut di lapangan, dari saat tibanya sampai selesainya pemasangan. Oleh karena itu sebaiknya lembaran atap gelombang bahan Aluminium dikirim tepat pada saat menjelang pemasangan.Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat tibanya lembaran atap di lapangan:
- Segera periksa lembaran-lembaran atap gelombang bahan Aluminium setelah diterima, untuk memastikan bahwa bahan-bahan tersebut masih dalam keadaan utuh.
- Lembaran-lembaran atap gelombang bahan Aluminium harus disimpan jauh dari kegiatan pembangunan serta diletakan dengan kemiringan yang cukup, maksudnya salah satu ujung lembaran-lembaran itu lebih rendah dari yang lain, agar tidak terjadi pengendapan air bila terjadi hujan.
- Jangan terkena kapur, semen, kotoran dan hujan agar tidak terjadi korosi setempat pada permukaan lembaran atap. Sebaiknya lembaran-lembaran atap tersebut disimpan dalam ruangan yang tertutup sebelum dilakukan pemasangan.
Pemeliharaan Selama Pemasangan
- Pada saat mengangkat lembaran atap ke atas rangka atap, harus dilakukan dengan cara yang tepat dan hati-hati.
- Hindarkan kerusakan yang mungkin terjadi pada permukaan atap yang telah terpasang akibat dari alat-alat yang dipakai pemasangan tangga, penangkal petir, pengapuran dan plesteran semen.
- Bentuk-bentuk trapziodal atap gelombang bahan Aluminium harus dijaga agar tidak rusak dan berubah bentuk.
- Sambungan-sambungan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar rapat dan tidak terpengaruh oleh tiupan angin.
- Bila pada bangunan konstruksi baja diperlukan pekerjaan pengelasan, maka pada permukaan atap gelombang bahan Aluminium yang terbuka harus ditutup dengan baik agar terhindar dari percikan bunga api.

Pemeliharaan Setelah Pemasangan

- Atap gelombang bahan Aluminium yang telah terpasang harus dibersihkan dari bahan-bahan yang bisa menyebab timbulnya korosi setempat atau noda-noda seperti : Sisa-sisa paku baja, potongan kayu,timah atau tembaga, tapak-tapak kaki yang berlumpur, dan sebagainya. Alat pembersih yang dipergunakan sebaiknya berupa material yang lunak.
- Bila atap gelombang bahan Aluminium terkena kotoran dari adukan semen, cat, atau bahan-bahan basah lainnya, harus segera dibersihkan dengan alat pembersih yang bukan terbuat dari logam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar